Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Penetapan Hari Pahlawan tidak terlepas dari sejarah pertempuran selama tiga minggu di Surabaya saat melawan tentara Sekutu. Puncak pertempuran tersebut terjadi pada 10 November 1945.
Dilansir dari laman resmi Kemensos, Hari Pahlawan 2022 mengusung tema “Pahlawanku, Teladanku.” Hari Pahlawan diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Simak sejarah peringatan Hari Pahlawan 10 November hingga sederet ucapan Hari Pahlawan yang cocok dijadikan inspirasi untuk memperingati hari penting tersebut

Buku Pertempuran Surabaya karya Nugroho Susanto sebagaimana dikutip detikJatim menyebut pertempuran di Surabaya menjadi salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Pertempuran Surabaya bermula dari kedatangan tentara Sekutu di Tanjung Perak pada 25 Oktober 1945. Tentara Sekutu tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI) yang dipimpin oleh Jenderal AWS Mallaby.

Kedatangan tentara Sekutu itU bertujuan untuk melucuti senjata para tentara Jepang yang kalah dalam Perang Dunia II. Tentara Sekutu juga ditugaskan untuk membebaskan tawanan perang yang ditahan di penjara Kalisosok Surabaya.

Pada 27 Oktober 1945, pesawat militer milik tentara Sekutu terbang dari Jakarta menuju Surabaya untuk menyebar ribuan pamflet ultimatum. Tentara Sekutu memerintahkan agar rakyat menyerahkan senjata yang dimiliki.

Ultimatum itu membuat rakyat Surabaya marah. Mereka menolak untuk menyerahkan senjata kepada tentara Sekutu. Rakyat Surabaya akhirnya melakukan penyerangan selama 3 hari di akhir Oktober 1945 hingga membuat tentara Sekutu terpojok.

Pemimpin tentara Sekutu kemudian meminta bantuan Soekarno dan Muhammad Hatta untuk memadamkan pertempuran. Keduanya pun datang ke Surabaya untuk melakukan perundingan yang menghasilkan gencatan senjata.

Namun, gencatan senjata tidak bertahan lama. Pada 30 Oktober 1945 kembali terjadi baku tembak antara rakyat Surabaya dan tentara Sekutu. Akibatnya, Jenderal AWS Mallaby tewas di sekitar Jembatan Merah.

Seputar Pertempuran 10 November 1945

Kematian Jenderal AWS Mallaby membuat bangsa Inggris mengamuk. Jenderal Eric Carden Robert Mansergh yang menggantikan posisi Mallaby, mengeluarkan ultimatum untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan senjata.

Menanggapi ultimatum tersebut, Presiden Soekarno menyerahkan sepenuhnya keputusan ke tangan pemerintah Jawa Timur. Gubernur Suryo dengan tegas berpidato di RRI bahwa rakyat Surabaya akan melawan ultimatum Inggris sampai darah penghabisan.

Penolakan itu memicu tentara Sekutu melancarkan serangan di pagi hari pada 10 November 1945. Ada 24 ribu tentara Sekutu yang dikerahkan untuk menggempur Surabaya. Ditambah dengan peralatan perang yang lengkap mulai dari tank, kapal perang, hingga pesawat tempur.

Awalnya, tentara Sekutu mengira dapat menguasai Surabaya dalam 3 hari. Tetapi pertempuran tersebut berlangsung selama hampir 3 minggu. Rakyat Surabaya berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan Surabaya.

Dilansir dari detikEdu, Bung Tomo menjadi salah satu tokoh yang turut berperan dalam peristiwa Pertempuran Surabaya. Ia membakar semangat juang rakyat Surabaya melalui stasiun radio. Akhirnya, meletuslah pertempuran pada 10 November 1945.

Sebanyak 20 ribu rakyat Surabaya menjadi korban dan 150 ribu lainnya terpaksa meninggalkan kota tersebut. Dari pihak Inggris, sebanyak 1.600 prajurit tewas, hilang, dan luka-luka serta puluhan alat perangnya rusak hingga hancur.

Hingga kini, peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Pahlawan dan diperingati setiap tahunnya. Surabaya juga disematkan sebagai Kota Pahlawan akibat insiden itu.

Ragam Ucapan Hari Pahlawan 10 November

Berikut adalah daftar ucapan Hari Pahlawan 2022 yang bisa dijadikan inspirasi:

Selamat Hari Pahlawan 2022. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.
Selamat Hari Pahlawan Nasional. Jayalah selalu negeriku!
Selamat Hari Pahlawan! Pahlawanku, Inspirasiku.
Selamat Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022. Kenanglah selalu pahlawanku sepanjang masa!
Selamat Hari Pahlawan ke-77. Tanpa ada pahlawan, kita bukan siapa-siapa.
Selamat Hari Pahlawan 2022. Mari bersatu membangun bangsa!
Selamat Hari Pahlawan Nasional. Semangatmu selalu menggelora di dada!
Selamat Hari Pahlawan 2022. Bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika, sejahtera dengan Pancasila.
Selamat Hari Pahlawan. Jasa para pahlawan adalah panutan untuk generasi muda di masa depan.
Selamat Hari Pahlawan ke-77. Maju selalu bangsaku!

Categories: Berita Acara

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *